IKNPOS.ID – Pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur telah memberikan dampak signifikan pada berbagai sektor ekonomi, salah satunya adalah sektor properti.
Emiten-emiten properti melihat peningkatan laba yang signifikan akibat meningkatnya permintaan akan hunian, perkantoran, dan fasilitas lainnya di wilayah baru ibu kota.
Salah satu faktor utama peningkatan laba emiten properti adalah meningkatnya permintaan akan berbagai jenis properti di Kalimantan Timur, terutama di kawasan yang berdekatan dengan IKN.
Satu di antaranya, PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK) yang membukukan laba bersih naik 203,3 persen secara tahunan menjadi Rp39,8 miliar di semester I 2024.
Berdasarkan data dari Diskominfo Kaltim, pada April 2024 terjadi lonjakan penumpang udara domestik sebesar 24,75% yoy, penumpang udara internasional 40,98% yoy, dan penumpang angkutan laut domestik 30,64% yoy.
Total penumpang mencapai 378,27 ribu pada bulan tersebut.
“Tingginya arus pendatang dari luar kota ke Balikpapan terkait pembangunan IKN menyebabkan meningkatnya kebutuhan hunian, termasuk apartemen yang ditawarkan di kawasan BSBK, baik untuk dibeli maupun disewa,” kata Direktur PT Wulandari Bangun Laksana Tbk Daniel Wirawan, Senin 22 Juli 2024.
Daniel menyebut, penjualan dan pendapatan usaha perseroan sebesar Rp170,7 miliar. Angka ini naik 9,71% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu Rp 155,6 miliar.
“Terdapat lonjakan penjualan apartemen yang mencapai 51,58% dibandingkan tahun 2023,” ujarnya.
Selain itu, kenaikan pendapatan usaha ditopang oleh dua pusat perbelanjaan, yaitu Mall E-Walk dan Mall Pentacity.
“Mall E-Walk mengalami kenaikan tingkat hunian (occupancy rate) mencapai 97,91% per 30 Juni 2024, dibandingkan dengan 95,80% pada periode sama tahun sebelumnya,” ungkapnya.
“Untuk Mall Pentacity mengalami kenaikan occupancy rate sebesar 82,82% di semester I 2024, dibandingkan dengan 79,26% di periode yang sama tahun lalu,” sambungnya.
Adapun di sektor mall, BSBK akan mulai memasukkan tenant-tenant baru yang bisa menambah daya tarik pengunjung. Misalnya, Sushi Tei, Victoria’s Secret, Bath & Body Works, MLB, dan lainnya.
“Perseroan sedang dalam tahap pendekatan dengan brand ternama seperti Coach, Lacoste, Onitsuka Tiger, dan Kate Spade,” sebutnya.
Sementara di sektor pengembangan kawasan, BSBK berencana mempercepat pembangunan proyek untuk memanfaatkan peluang dari pengembangan ibu kota baru di Kalimantan Timur.
“Untuk meningkatkan kunjungan serta pelayanan, Perseroan berencana merenovasi fasilitas-fasilitas di mall,” pungkasnya.