IKNPOS.ID-Angkasa Pura (AP) I cabang Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan melakukan simulasi Traffic Flow penjemputan penumpang yang kini dipusatkan di area parkir.
Perubahan alur penjemputan penumpang, berlaku sejak Kamis, 25 Juli 2024 kemarin. Menandai perubahan alur tersebut digelar simulasi.
Diketahui bahwa alur penjemputan penumpang di Bandara Sepinggan berubah dari sebelumnya, dan waktu penjemputan dibatasi hanya 3 menit.
General Manager (GM) AP I Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan Ahmad Syaugi Shahab menerangkan alur penjemputan yang berubah.
Alur penjemputan dimulai saat penumpang tiba di areal kedatangan, kemudian akan diarahkan melalui Sky Bridge atau jalur jembatan layang, sampai ke lokasi penjemputan penumpang di area parkir yang telah ditentukan.
AP I turut menerapkan aturan waktu penjemputan penumpang dibatasi selama 3 menit.
“Nah untuk penjemputan penumpang VVIP dilakukan di kawasan bandar udara lama. Pengaturan tiga menit untuk penjemputan VVIP masih kami atur,” ulasnya.
Selain itu, Ahmad Syaugi Shahab juga menjelaskan kondisi gedung parkir bandar udara terdiri dari tiga lantai dengan kapasitas sekitar seribu unit roda empat.
“Saya utamakan kapasitas parkir sudah Ready. Lift sudah bagus. Yang sedang kami perbaiki (bagian) Sky Bridge (jembatan). Mempermudah akses penumpang,” ungkapnya.
Lanjut dia menjelaskan, perubahan alur trafik penjemputan penumpang merupakan bagian dari persiapan untuk mendukung upacara Hari Kemerdekaan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 17 Agustus 2024, mendatang.
“Selain itu juga bagian dari persiapan bandar udara, karena setelah 17 Agustus 2024, Kota Balikpapan akan menjadi pintu gerbang IKN Nusantara,” ungkapnya.
Bahkan sejumlah maskapai berencana menambah jadwal penerbangan rute Jakarta – Balikpapan. Di antaranya Garuda Indonesia. Begitu juga maskapai Pelita Air dan Lion Group.
“Jadi nanti benar-benar ramai. Kalau kondisi sekarang penjemputan penumpang di sini kami paksakan.”
“Jadi sekarang kami pindahkan. Simulasi ini akan berlanjut terus. Nanti kami perpanjang selama satu bulan,” terangnya.
Dia berharap, masyarakat dan pengguna jasa penerbangan yang melalui Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan dapat memberi saran dan masukan demi meningkatkan pelayanan dan fasilitas bandar udara.
Termasuk saran masyarakat untuk menambah Sign atau rambu, maupun videotron dan fasilitas pengeras suara pemberitahuan lokasi penjemputan, di kawasan tempat parkir yang menjadi titik penjemputan penumpang.
Sehingga AP I sebagai pengelola Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan, dapat mengevaluasi kebutuhan infrastruktur dan peningkatan fasilitas bandar udara kebanggaan warga Kota Beriman tersebut.
“Sebenarnya semuanya (infrastruktur) sudah diperbaiki. Tapi masih ada detail kecil yang menjadi kendala.
Saya menunggu masukan dari para penumpang. Apalagi (fasilitas dan pelayanan) yang kurang,” pungkasnya.
“Announcement (pengumuman, Red) sudah kami sampaikan kepada penumpang sejak memasuki bandar udara. Bahkan ada Flyer dan spanduk pemberitahuan,” ujar Ahmad Syaugi Shahab.