IKN Pos
Selasa, Juli 8, 2025
No Result
View All Result
  • News
    • Pendidikan
    • Pemerintahan
  • Tekno
  • Kesehatan
  • Sport
  • Lifestyle
    • Properti
    • English
  • Ragam IKN
    • Forest City
    • Borneo
    • Society IKN
    • Renewable Energy
    • Arsitektur IKN
IKN Pos
No Result
View All Result
IKN Pos
  • News
  • Tekno
  • Kesehatan
  • Sport
  • Lifestyle
  • Ragam IKN
Home Catatan Dahlan Iskan

RAT 787

by Derry Sutardi
09:53 Juli 8, 2025
in Catatan Dahlan Iskan
A A
RAT 787
Oleh: Dahlan Iskan

Para calon pilot diminta membuat simulasi: mengapa Boeing 787 seri 8 milik Air India itu jatuh: 12 Juni lalu.

Mereka tidak bisa menemukan di mana salahnya. Simulasi itu dilakukan di komputer tempat pendidikan pilot di India. Sekaligus sebagai kajian kasus kegagalan terbang bagi mereka.

Memang langka sekali: dua mesin pesawat itu mati tiba-tiba. Bersamaan pula. Di menit yang sama. Yang beberapa kali terjadi: satu mesin yang mati. Pesawat masih bisa terbang. Awalnya agak miring. Lalu pilot membuatnya kembali seimbang –sambil menuju tempat pendaratan darurat.

Pesawat Air India itu baru saja take-off. Normal. Titik start-nya di ujung landasan bandara Ahmadabad, ibu kota Gujarat. Lepas landasnya juga di ujung terjauh landasan. Tidak terlalu cepat take-off, juga tidak terlalu terlambat.

Data terbaru yang dianggap aneh adalah: pilot sempat mengaktifkan RAT sebelum kecelakaan terjadi.

Kata ”sempat” itu penting mengingat pesawat baru saja take-off. Baru sekitar 2 menit. Tempat pesawat itu jatuh hanya berjarak sekitar kurang dari 2 km dari bandara Ahmadabad. Ketinggian pesawat baru sekitar 300 meter. Ibarat dari Soekarno-Hatta ke Surabaya baru sampai Jatinegara.

Bahwa pilot sempat menghidupkan RAT itu dianggap pertanda keadaan sangat darurat. RAT adalah turbin kecil yang letaknya di bawah perut pesawat. Dari kasus Air India ini saya baru tahu: di bagian bawah perut pesawat yang kelihatannya halus-rata itu ternyata tersimpan peralatan darurat: Ram Air Turbine.

Ketika pilot mengaktifkan RAT bagian bawah perut pesawat membuka. Buka dikit. Dari lubang kecil itu keluar turbin yang di depannya terdapat kincir angin. Disebut ”kincir angin” karena yang menggerakkan kincir itu memang angin. Yakni angin dari depan akibat laju pesawat.

Kincir itulah yang menggerakkan turbin kecil di belakangnya. Turbin menggerakkan generator. Generator menghasilkan listrik. Tentu listrik yang dihasilkan sangat kecil tapi cukup untuk menggerakkan beberapa instrumen vital yang mati.  Tujuannya sekadar agar pesawat bisa mendarat darurat lebih baik.

Page 1 of 3
123Next
Tags: Catatan dahlan iskandahlan iskandiswayRAT 787

Derry Sutardi

Next Post

#PiSelfieChallenge Meledak! Pi Network Banjir Swafoto dari Seluruh Dunia, Bisa Bikin Terkenal Lho, Yuk Ikutan!

Spesifikasi HUAWEI nova 13 Pro: Punya Kamera 50 MP, Cas Baterai Hanya 9 Menit! Harganya Cuma Rp7 Jutaan

  • Trending
  • Comments
  • Latest

Rumah Prabowo Rp 166 Juta Cicilan Rp 500 Ribuan, Minimalis Scandinavian Full Bangunan, Syarat Cuma KTP & Kartu Keluarga

16:39 Januari 15, 2025

Rumah Prabowo Rp 166 Juta, Desain Minimalis Scandinavian, Full Bangunan Plus Dapur, Tak Perlu Renovasi Lagi

06:11 Januari 18, 2025

5 Ide Desain Taman Dalam Rumah dan Tips Memilih Tanaman, Sulap Hunian Jadi Asri

22:19 Januari 22, 2025

5 Inspirasi Gambar Pagar Minimalis Modern, Pilih yang Mana?

20:31 Februari 3, 2025

Keren! Taksi Terbang Buatan Hyundai Diuji Coba di IKN Juli 2024

0

Ini Daftar 27 Pejabat Baru di Jajaran OIKN

0

IKN Jadi Percontohan SDM tanpa Stunting, Bagaimana Caranya?

0

Progres Kawasan Inti IKN Sudah Mencapai 82 Persen, Ini Target Utamanya

0

5 Rekomendasi HP 5G 3 Jutaan Terbaik 2025, Cocok Buat Gaming dan Harian

13:58 Juli 8, 2025

PiSwap Resmi Umumkan 1 Pi = $314.159 di Fase Beta, Dukung Nilai GCV?

13:15 Juli 8, 2025

Token PI di Bursa Melejit ke Level Tertinggi, Akankah Harga Terus Turun?

13:13 Juli 8, 2025

Lebih dari 250 Juta Token PI Dibuka, Komunitas Heboh: Ancaman atau Peluang?

12:31 Juli 8, 2025
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Pemberitaan
  • Privacy Policy
Terverifikasi Dewan Pers
No: 958/DP-Verifikasi/K/II/2022

© 2024 IKNPOS.ID

No Result
View All Result
  • News
    • Pendidikan
    • Pemerintahan
  • Tekno
  • Kesehatan
  • Sport
  • Lifestyle
    • Properti
    • English
  • Ragam IKN
    • Forest City
    • Borneo
    • Society IKN
    • Renewable Energy
    • Arsitektur IKN

© 2024 IKNPOS.ID

Exit mobile version