IKN Pos
Selasa, Juli 8, 2025
No Result
View All Result
  • News
    • Pendidikan
    • Pemerintahan
  • Tekno
  • Kesehatan
  • Sport
  • Lifestyle
    • Properti
    • English
  • Ragam IKN
    • Forest City
    • Borneo
    • Society IKN
    • Renewable Energy
    • Arsitektur IKN
IKN Pos
No Result
View All Result
IKN Pos
  • News
  • Tekno
  • Kesehatan
  • Sport
  • Lifestyle
  • Ragam IKN
Home Catatan Dahlan Iskan

RAT 787

by Derry Sutardi
09:53 Juli 8, 2025
in Catatan Dahlan Iskan
A A
RAT 787

Dalam keluarga Boeing hanya 787 yang dilengkapi RAT. Boeing 737 tidak. Di 737 dipilih sistem lain untuk fungsi serupa: pakai baterai. Disebut APU –Auxiliary Power Unit. Airbus 320, 321, dan 350 pakai RAT.

Dalam kasus Air India, RAT itu pun tidak mampu menolong kejatuhan pesawat: menimpa gedung pendidikan dokter. Dari total 260 yang meninggal 18 di antaranya yang berada di gedung itu. Penumpang dan seluruh awaknya sendiri hanya 243 –semua meninggal kecuali satu penumpang ajaib berumur 40 tahun yang duduk di kursi nomor 11A.

Kursi itu tepat menempel di pintu darurat. Saat pesawat menimpa gedung, pintu daruratnya membuka. Penduduk Leicester, Inggris, yang baru menengok kampung leluhurnya di India itu meloncat lewat pintu itu dan lari di dekat api yang mulai membakar lokasi. Saudara kandungnya –dapat tempat duduk terpisah jauh– ikut tewas.

Penumpang ajaib itu tercatat sebagai orang nomor tiga satu-satunya penumpang hidup dalam kecelakaan pesawat. Yang pertama, Juliane Koepcke. Gadis 17 tahun. Saat dia terjerembab ke bumi masih terikat sabuk pengaman di kursinyi. Itu kecelakaan pesawat tahun 1971. Selebihnya, 90 orang penumpang tewas.

Saat itu pesawat berada di ketinggian 3 km. Petir menyambarnya –saat itu teknologi antipetir pesawat belum secanggih sekarang. Pesawat meledak di udara. Juliane terpental bersama kursinyi. Dia jatuh dari ketinggian 3 km bersama kursinyi. Kursi itu telah jadi semacam payung bagi penerjun bebas.

Yang kedua, Cecelia Cechan. Dia anak kecil berumur empat tahun. Dia luka parah tapi hidup. Yang membuat Cechan selamat adalah karena Cechan dalam posisi dipeluk sangat erat oleh ibunyi. Sang ibu tewas bersama 154 orang penumpang.

Kejadian itu sudah begitu lama: tahun 1987. Yakni kecelakaan pesawat Northwest Airlines yang take-off dari Michigan.

Seandainya Air India itu sudah sempat terbang tinggi kemungkinan selamat masih ada. RAT bisa berfungsi untuk mencari tempat pendaratan darurat.

Tapi saat pilot mengaktifkan RAT pesawat masih sangat rendah. Begitu RAT diaktifkan pesawat sudah hancur.

Page 2 of 3
Prev123Next
Tags: Catatan dahlan iskandahlan iskandiswayRAT 787

Derry Sutardi

Next Post

#PiSelfieChallenge Meledak! Pi Network Banjir Swafoto dari Seluruh Dunia, Bisa Bikin Terkenal Lho, Yuk Ikutan!

Spesifikasi HUAWEI nova 13 Pro: Punya Kamera 50 MP, Cas Baterai Hanya 9 Menit! Harganya Cuma Rp7 Jutaan

  • Trending
  • Comments
  • Latest

Rumah Prabowo Rp 166 Juta Cicilan Rp 500 Ribuan, Minimalis Scandinavian Full Bangunan, Syarat Cuma KTP & Kartu Keluarga

16:39 Januari 15, 2025

Rumah Prabowo Rp 166 Juta, Desain Minimalis Scandinavian, Full Bangunan Plus Dapur, Tak Perlu Renovasi Lagi

06:11 Januari 18, 2025

5 Ide Desain Taman Dalam Rumah dan Tips Memilih Tanaman, Sulap Hunian Jadi Asri

22:19 Januari 22, 2025

5 Inspirasi Gambar Pagar Minimalis Modern, Pilih yang Mana?

20:31 Februari 3, 2025

Keren! Taksi Terbang Buatan Hyundai Diuji Coba di IKN Juli 2024

0

Ini Daftar 27 Pejabat Baru di Jajaran OIKN

0

IKN Jadi Percontohan SDM tanpa Stunting, Bagaimana Caranya?

0

Progres Kawasan Inti IKN Sudah Mencapai 82 Persen, Ini Target Utamanya

0

OIKN Gelar Program Nusantara Eco Traveler, Masyarakat Sambut Antusias

18:58 Juli 8, 2025

Pi Network Anjlok 70% dalam 2 Bulan, Masihkah Ada Harapan?

18:25 Juli 8, 2025

INI DIA! Daftar 4 Altcoin Terpanas Juli 2025: POTENSI CUAN BESAR!

18:25 Juli 8, 2025

Melihat Bus Baru Aneka Transport, Tampil Mewah Punya Kelas Sleeper dan Fitur Modern

17:58 Juli 8, 2025
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Pemberitaan
  • Privacy Policy
Terverifikasi Dewan Pers
No: 958/DP-Verifikasi/K/II/2022

© 2024 IKNPOS.ID

No Result
View All Result
  • News
    • Pendidikan
    • Pemerintahan
  • Tekno
  • Kesehatan
  • Sport
  • Lifestyle
    • Properti
    • English
  • Ragam IKN
    • Forest City
    • Borneo
    • Society IKN
    • Renewable Energy
    • Arsitektur IKN

© 2024 IKNPOS.ID

Exit mobile version