Mengenal Konsep ‘Deep Learning’, Arah Baru Kebijakan Pendidikan Indonesia

Otorita IKN Siapkan Peta Jalan Pendidikan Berkualitas di IKN--

IKNPOS.ID – Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti memperkenalkan konsep “deep learning” sebagai arah baru kebijakan pendidikan Indonesia.

Ia menegaskan bahwa deep learning bukanlah kurikulum baru, tetapi metode pembelajaran yang berbeda dari Kurikulum Merdeka yang diterapkan oleh pendahulunya, Nadiem Makarim.

“Kita bocori ya, jadi arah pembelajaran ke depan itu mau saya arahkan ke arah yang namanya deep learning,” ungkap Mu’ti dalam tayangan YouTube Sahabat Pembelajar, Minggu 10 November 2024.

Konsep ini, yang diusung Mu’ti sejak masa studinya di Australia 20 tahun lalu, bertujuan memperdalam pemahaman siswa melalui tiga pilar utama: mindful learning, joyful learning, dan meaningful learning.

Apa Itu Deep Learning?

Menurut Abdul Mu’ti, konsep deep learning bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam. Siswa tidak hanya sekadar menghafal materi, melainkan juga memahami dan merasakan relevansi dari apa yang mereka pelajari.

“Deep learning itu bukan kurikulum. Deep learning itu pendekatan belajar,” ujar Mu’ti saat di Kantor Badan Bahasa, Jakarta.

Mu’ti menguraikan pilar-pilar dalam konsep ini:

Pendekatan ini bertujuan mengubah proses pembelajaran menjadi lebih bermakna tanpa menggantikan kurikulum yang sudah ada.

Dengan demikian, guru dapat lebih terarah dalam mengelola kelas dan menciptakan interaksi yang mendalam antara siswa dan materi pelajaran.

Perbedaan dengan Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka, yang dikembangkan pada era Nadiem Makarim, bertujuan memulihkan pembelajaran pascapandemi dengan memberikan fleksibilitas dan fokus pada pengembangan karakter serta kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

Salah satu karakteristik utamanya adalah pembelajaran berbasis proyek yang mendukung pengembangan soft skills sesuai profil Pelajar Pancasila.

Menurut laman resmi Kemendikbudristek, Kurikulum Merdeka juga memungkinkan pembelajaran terdiferensiasi, di mana guru dapat menyesuaikan materi sesuai tingkat kemampuan dan konteks siswa.

Selain itu, fokus pada materi esensial memberi siswa lebih banyak waktu untuk memahami kompetensi dasar.

Komplementer Bagi Kurikulum yang Ada

Meskipun konsep deep learning berbeda dengan Kurikulum Merdeka, kedua pendekatan ini sama-sama berorientasi pada pengembangan keterampilan dan pemahaman mendalam.

Abdul Mu’ti menjelaskan bahwa pendekatan deep learning tidak bertujuan menggantikan Kurikulum Merdeka, tetapi dapat mendukungnya dengan memberi panduan tambahan kepada guru dalam menjalankan pengajaran yang lebih terarah.

Dengan adanya pendekatan baru ini, proses pembelajaran di Indonesia diharapkan tidak hanya fokus pada penguasaan materi, tetapi juga pada pengembangan pemahaman yang lebih dalam serta peningkatan partisipasi aktif siswa.

Exit mobile version