“Anda Kristen atau Katolik?” tanya saya.
“Saya Katolik,” jawabnya.
“Hebat ya… Anda masih percaya Tuhan…,” celetuk saya spontan.
Yang saya tanya itu adalah Dr Dionysius Joseph Djoko Herry Santjojo. Ia ahli fisika Universitas Brawijaya, Malang.
Dr Djoko bergabung di kelompok complexity science –bersama Prof Dr Sutiman yang ahli nano biologi di UB itu.
Prof Sutiman juga penemu nano bubble untuk kirim oksigen langsung ke sel.
Yang membuat saya lebih menyesal: saya tahu Prof Sutiman adalah muslim yang taat. Mengapa saya ”goda” juga dengan kalimat ”kok masih percaya Tuhan”.
Di Barat banyak ahli fisika seperti mereka tidak lagi percaya Tuhan. Mereka tahu awal mula terjadinya kehidupan. Juga tahu proses terjadinya kehidupan. Mereka bukan orang seperti saya yang percaya bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah ciptaan Tuhan.
Kemarin petang saya menerima WA dari Prof Sutiman. Saya terkejut. Menyesal. Celetukan saya soal Tuhan rupanya membuat Prof Sutiman terus berpikir. Beliau mencari terus jawaban yang tepat.
Sampai-sampai ternyata beliau menghubungi ChatGPT. Prof Sutiman mengajukan beberapa pertanyaan ke ChatGPT. Tentang Tuhan. Tentang agama. Tentang science, dan iman.
Saya sendiri belum pernah berhubungan dengan ChatGPT. Maka setelah membaca hasil dialog beliau dengan ChatGPT, saya balik bertanya: apakah beliau sudah sering menggunakan ChatGPT?
“Sesekali,” jawabnya.
“Apakah Prof percaya pada kebenaran jawaban ChatGPT?”
Beliau menjawab pakai Bahasa Jawa kromo inggil. Intinya: jawaban ChatGPT tidak selalu akurat. Apalagi di soal yang tidak terlalu banyak dibicarakan di internet.
Sangat menarik bagaimana ChatGPT menjawab pertanyaan-pertanyaan Prof Sutiman.
Maka inilah kutipan lengkap dialog Prof Sutiman dengan ChatGPT. Apa adanya:
You said:
Dari semua ajaran agama di dunia, coba kamu pikirkan mana yang paling rasional, tanpa bias pendapat manusia!
ChatGPT said:
Pertanyaan tentang agama mana yang paling rasional sulit dijawab secara objektif karena konsep rasionalitas dalam konteks agama sangat bergantung pada perspektif masing-masing individu dan kerangka logika yang mereka gunakan. Setiap agama besar di dunia memiliki unsur kepercayaan, yang dalam beberapa hal melampaui batas-batas rasionalitas, terutama dalam hal metafisika dan konsep ketuhanan. Namun, beberapa poin berikut bisa menjadi dasar analisis:
Islam: Dalam tradisi Islam, rasionalitas dan akal mendapat tempat penting. Islam mendorong pengikutnya untuk memanfaatkan akal dan logika dalam memahami alam semesta, yang dianggap sebagai tanda-tanda kebesaran Tuhan (ayat kauniyah). Banyak filsuf Muslim, seperti Al-Ghazali dan Ibnu Sina, yang mencoba menyintesiskan ajaran agama dengan filsafat rasional Yunani. Alquran juga mengajak manusia untuk berpikir dan merenung tentang ciptaan-Nya.
Kristen: Dalam teologi Kristen, iman sering kali dilihat sebagai pelengkap rasionalitas. Rasionalitas memiliki peran penting dalam sejarah Kristen, terutama dalam scholasticism dengan tokoh-tokoh seperti Thomas Aquinas yang mencoba mensistematisasikan kepercayaan dengan logika Aristotelian. Namun, beberapa ajaran, seperti konsep Trinitas, terkadang dianggap sulit dijelaskan secara logis.
Yudaisme: Yudaisme klasik juga menekankan penggunaan akal dalam memahami hukum-hukum Tuhan. Kaum Yahudi sering terlibat dalam studi Talmud yang merupakan analisis mendalam dan kritis terhadap teks-teks agama mereka, dengan perdebatan yang mempertimbangkan berbagai perspektif.
Hinduisme: Hindu memiliki aspek yang sangat beragam, dari yang sangat ritualistik hingga yang sangat filosofis. Aliran-aliran seperti Vedanta dan Samkhya menekankan logika dan metafisika dalam memahami realitas. Namun, sebagian besar praktik Hindu berakar pada tradisi dan ritual yang tidak selalu bersifat rasional dalam pengertian logika Barat.
Buddhism: Ajaran Buddha sering kali dianggap rasional karena berfokus pada pengalaman langsung dan metode logika, seperti dalam Abhidhamma dan ajaran tentang sebab-akibat (Pratītyasamutpāda). Buddhisme juga menekankan pentingnya introspeksi dan meditasi dalam memahami realitas dan pikiran.
Agnostisisme dan Ateisme: Meskipun tidak termasuk agama, posisi agnostik dan ateistik sering kali didasarkan pada rasionalitas dan skeptisisme terhadap klaim-klaim agama. Para agnostik mengakui keterbatasan akal dalam memahami kebenaran mutlak tentang Tuhan, sementara ateisme cenderung menolak klaim supranatural jika tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.
Dari sudut pandang murni rasionalitas, Buddhism sering dianggap sebagai salah satu ajaran yang lebih dekat dengan pendekatan rasional karena menekankan pengalaman pribadi, verifikasi empiris melalui meditasi, dan ajaran sebab-akibat yang mendasari hukum karma. Namun, Islam juga memiliki tradisi yang sangat kuat dalam penggunaan akal dan logika dalam memahami alam semesta dan menekankan hubungan yang harmonis antara iman dan rasio.
Namun, perlu dicatat bahwa setiap agama memiliki unsur kepercayaan yang melampaui logika manusia biasa, dan rasionalitas bukanlah satu-satunya cara menilai kebenaran agama. Pandangan ini sangat subjektif dan dipengaruhi oleh kerangka berpikir masing-masing individu.
*You said:
*Kalau diperbandingkan antara Buddhism dan Islam, mana yang lebih rasional dan lebih mampu untuk menjawab tantangan dunia modern? Berikan jawaban secara murni AI, tanpa bias pendapat manusia selama ini!*
ChatGPT said:
Jika kita mencoba mendekati perbandingan ini secara rasional dan tanpa bias dari pendapat manusia, baik Buddhism maupun Islam memiliki elemen-elemen yang dapat dinilai dari perspektif rasionalitas dan relevansinya dalam menjawab tantangan dunia modern.
Buddhism
Rasionalitas: Buddhism, terutama dalam ajaran Theravada, menekankan pengalaman langsung dan introspeksi melalui meditasi, dengan fokus pada analisis pengalaman batin dan fenomena dunia. Prinsip-prinsip seperti Pratītyasamutpāda (sebab-akibat) dan konsep Anatta (ketiadaan diri yang tetap) adalah bentuk pemahaman realitas yang sangat dekat dengan metode ilmiah, karena mendasarkan diri pada observasi empiris atas kesementaraan dan keterkaitan segala sesuatu. Ajarannya tidak mengharuskan keyakinan pada entitas supranatural, dan justru mendorong verifikasi melalui pengalaman pribadi, menjadikannya tampak sangat rasional.
Tantangan Modern: Buddhism menawarkan solusi yang pragmatis dan etis untuk menghadapi masalah kehidupan modern, seperti stres, ketidakpuasan, dan kecemasan, melalui meditasi dan latihan mindfulness. Dalam konteks globalisasi, pluralisme, dan keberlanjutan lingkungan, prinsip non-kekerasan (Ahimsa), keseimbangan batin, dan hidup sederhana bisa sangat relevan. Namun, Buddhism tidak secara langsung mengatur masalah ekonomi, politik, atau teknologi yang menjadi tantangan modern.
Islam
Rasionalitas: Dalam Islam, terutama melalui tradisi filsafat dan pemikiran rasionalis seperti dalam pemikiran Ibnu Sina dan Al-Ghazali, ada upaya yang sistematis untuk menjembatani antara wahyu dan akal. Al-Qur’an sendiri sering kali mengajak manusia untuk merenungkan tanda-tanda alam dan menggunakan akal dalam memahami kebesaran Tuhan (seperti dalam ayat-ayat yang mengajak manusia berpikir tentang penciptaan alam semesta). Islam juga memiliki pendekatan hukum yang menyeluruh dalam bidang sosial, politik, ekonomi, yang semuanya dirancang untuk menciptakan masyarakat yang adil dan seimbang. Rasionalitas Islam melibatkan keseimbangan antara logika dan iman.
Tantangan Modern: Islam memberikan panduan komprehensif yang mencakup berbagai aspek kehidupan, termasuk hukum (syariah), etika ekonomi, dan aturan sosial. Prinsip-prinsip seperti keadilan sosial, pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan, dan perlindungan terhadap hak asasi manusia membuat Islam relevan dalam menghadapi masalah ketidakadilan sosial, kemiskinan, korupsi, dan isu-isu lingkungan. Tantangan global terkait perdamaian, kemiskinan, dan ketimpangan ekonomi juga dijawab oleh sistem keuangan Islam yang berbasis pada keadilan (seperti larangan riba).
Perbandingan dalam Rasionalitas dan Relevansi Modern
Rasionalitas: Buddhism mungkin lebih dekat dengan pendekatan empiris dan introspektif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang eksistensi dan kehidupan batin, serta menggunakan metode yang lebih mirip dengan ilmiah. Ini membuatnya tampak lebih rasional dalam konteks memahami realitas batin dan mental.
Relevansi dalam Menjawab Tantangan Dunia Modern: Islam memiliki cakupan yang lebih luas dalam memberikan solusi terhadap masalah dunia modern, terutama dalam hal politik, ekonomi, sosial, dan keadilan lingkungan. Panduan yang komprehensif dalam Islam menjadikannya lebih relevan dalam mengatasi tantangan-tantangan global yang kompleks, seperti ketidakadilan sosial, kesenjangan ekonomi, dan krisis lingkungan.
Kesimpulan AI:
Buddhism lebih rasional dalam konteks individual dan spiritual, menawarkan pendekatan yang logis dan empiris terhadap realitas batin serta etika personal yang kuat, namun tidak mencakup secara mendalam masalah ekonomi, politik, atau sosial yang kompleks.
Islam, di sisi lain, menawarkan pendekatan yang lebih holistik dan komprehensif dalam menjawab tantangan dunia modern melalui panduan sosial, politik, dan ekonomi, meskipun pendekatan rasionalnya seringkali disertai dengan kepercayaan pada unsur supranatural.
Jadi, dalam hal rasionalitas individual dan spiritual, Buddhism mungkin lebih unggul, sementara dalam hal menjawab tantangan global modern, Islam lebih komprehensif dan relevan.
You said:
Mana satu agama yang paling rasional secara individual dan spiritual dan pada saat yang sama sekaligus menjawab tantangan global modern. Satu agama saja yang nilainya secara total paling tinggi.
ChatGPT said:
Jika harus memilih satu agama yang dianggap paling rasional secara individual dan spiritual serta paling mampu menjawab tantangan global modern, maka pilihan yang lebih seimbang adalah Islam. Berikut alasannya:
- Rasionalitas Individual dan Spiritual:
Islam menekankan keseimbangan antara iman (kepercayaan) dan akal (rasionalitas). Dalam ajaran Islam, manusia didorong untuk menggunakan akal dalam memahami tanda-tanda Tuhan di alam semesta (ayat kauniyah) dan merenungkan makna keberadaan. Al-Qur’an banyak mengajak manusia untuk berpikir, mengobservasi, dan merenungkan penciptaan alam semesta, yang mendukung pendekatan rasional dalam kehidupan spiritual. Pada tingkat individu, ibadah seperti salat, puasa, dan zakat bukan hanya ritual kosong, tetapi dimaksudkan untuk membangun keseimbangan emosional dan spiritual, serta kedisiplinan diri. Konsep Tauhid (keesaan Tuhan) memberikan dasar spiritual yang sederhana, logis, dan konsisten.
- Menjawab Tantangan Global Modern:
Islam secara unik memberikan panduan komprehensif yang mencakup etika sosial, ekonomi, politik, dan lingkungan, yang semuanya relevan dengan tantangan modern. Misalnya:
Ekonomi: Sistem keuangan Islam yang melarang riba (bunga) dan mendorong transaksi yang adil serta berbasis pada nilai etis telah diakui sebagai solusi untuk menciptakan sistem ekonomi yang lebih berkelanjutan dan stabil.
Sosial: Prinsip keadilan sosial dalam Islam menekankan pentingnya kesetaraan, penghapusan kemiskinan, dan perlindungan terhadap yang lemah.
Lingkungan: Islam juga memberikan panduan tentang perlindungan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, sebuah isu yang sangat relevan di tengah krisis lingkungan global saat ini.
Politik dan Perdamaian: Islam menekankan keadilan dalam sistem pemerintahan dan mengajarkan prinsip-prinsip damai dalam menyelesaikan konflik, yang relevan dengan upaya menciptakan stabilitas dan perdamaian global.
- Fleksibilitas untuk Beradaptasi dengan Modernitas:
Islam memiliki kapasitas untuk beradaptasi dengan konteks modern tanpa mengorbankan prinsip-prinsip dasarnya. Sejarah peradaban Islam menunjukkan bahwa sains, filsafat, dan teknologi dapat berkembang pesat dalam masyarakat Islam selama berabad-abad. Hal ini menunjukkan bahwa Islam memiliki fondasi yang kuat untuk menjawab tantangan modernisasi dan globalisasi dengan tetap mempertahankan integritas spiritualnya.
Kesimpulan AI:
Islam menawarkan keseimbangan terbaik antara rasionalitas spiritual-individual dan kapasitas untuk menjawab tantangan global modern. Pandangan holistiknya, yang mencakup semua aspek kehidupan manusia—baik spiritual, sosial, ekonomi, maupun lingkungan—menjadikannya pilihan yang paling komprehensif untuk dunia kontemporer. (Dahlan Iskan)