Mengapa Trik Ini Bekerja?
Switch 2 menggunakan arsitektur grafis modern yang mendukung dynamic scaling. Artinya, game bisa menyesuaikan kualitas visualnya secara otomatis tergantung pada beban kerja. Namun beberapa game, termasuk Hitman, tidak memiliki kontrol pengguna atas mode performa. Akibatnya, sistem sering memaksakan kualitas visual tinggi yang membebani GPU.
Dengan menurunkan resolusi sistem, pengguna secara paksa meringankan beban GPU. Inilah yang membuka celah peningkatan framerate signifikan. Sementara visual memang jadi lebih lembut, peningkatan stabilitas membuat pengalaman bermain jauh lebih nyaman.
Ini juga menunjukkan bahwa meskipun Nintendo tidak memberi kontrol granular seperti PC atau Xbox Series, pengguna tetap bisa memodifikasi kondisi teknis dari luar untuk mendapatkan performa maksimal.
Apakah Performance Mode Switch 2 Ini Berlaku untuk Semua Game?
Meskipun trik ini berhasil di Hitman, belum tentu hasilnya sama untuk semua game. Pengaruhnya sangat tergantung pada bagaimana game tersebut dibangun dan apakah bottleneck-nya ada di GPU atau CPU.
Game seperti Doom Eternal, Alan Wake Remastered, atau Hogwarts Legacy kemungkinan besar juga akan mendapatkan peningkatan performa karena engine mereka dikenal GPU-heavy. Namun untuk game seperti Animal Crossing atau Mario Kart, yang ringan dan stabil sejak awal, perbedaan mungkin tidak terasa.
Selain itu, beberapa game bisa saja mengunci framerate dan resolusi sebagai bagian dari desain teknis mereka. Jadi meskipun resolusi sistem diturunkan, engine tetap memaksakan kualitas tertentu, sehingga trik ini tidak berdampak signifikan.
Namun satu hal jelas: potensi eksplorasi masih sangat terbuka. Seiring bertambahnya jumlah game Switch 2 dan makin banyak gamer yang bereksperimen, kita bisa saja menemukan lebih banyak judul yang kompatibel dengan mode tersembunyi ini.
Komentar dari Komunitas dan Pengamat Teknologi
Setelah video dari Digital Foundry dirilis, berbagai komunitas gamer di Reddit dan ResetEra mulai melakukan eksperimen serupa. Beberapa menyebutkan bahwa No Man’s Sky dan Zelda: Tears of the Kingdom Enhanced Edition juga menunjukkan peningkatan ringan ketika mereka mainkan di resolusi rendah.
Namun belum ada laporan seakurat dan sekomprehensif pengujian pada Hitman. Sebagian besar hanya berdasarkan pengalaman subjektif, tanpa data benchmark terstruktur.
Di sisi lain, belum ada tanggapan resmi dari IO Interactive, pengembang Hitman. Nintendo juga tidak mengomentari apakah mereka menyadari keberadaan trik ini, atau mungkin memang sengaja membiarkan sistem terbuka untuk eksplorasi teknis.