IKNPOS.ID – Buat kamu yang tertarik punya mobil ramah lingkungan tapi masih takut ribet soal perawatan, tenang aja, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid ternyata nggak seribet yang dibayangkan.
Varian hybrid ini hadir di tipe G HV, V HV, dan Q HV, mengandalkan kombinasi mesin bensin dan motor listrik. Tapi meski teknologinya terkesan canggih, perawatannya tetap simpel dan praktis.
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandi, perawatan Kijang Innova Zenix Hybrid nggak jauh beda dengan mobil bensin konvensional.
“Lakukan perawatan di bengkel resmi sesuai pedoman petunjuk servis,” ungkap Anton Jimmi Suwandi.
Lebih lanjut, Anton juga menegaskan bahwa seluruh bengkel resmi Toyota di Indonesia sudah siap menangani servis mobil hybrid ini.
Jadi, nggak perlu bingung cari tempat servis khusus
“Mekanik sudah di-training untuk penanganan perawatan mobil hybrid,” jelasnya.
Chief Engineer dari Toyota Motor Corporation, Hideki Mizuma menjelaskan, kalau sistem hybrid di Innova Zenix memang dirancang tertutup alias sealed system.
“Closed system, tidak bisa dan tidak perlu disentuh selama pemakaian, hanya dibuka oleh teknisi terlatih untuk pengecekan,” kata Hideki Mizuma.
Artinya baterai dan motor listriknya nggak perlu sering-sering dibongkar pasang, sehingga perawatan jadi lebih mudah dan tidak bikin pusing.
“Kerja hybrid mengandalkan power control unit yang secara otomatis menyesuaikan kebutuhan dan kondisi,” tutupnya.