Lebih dari 18.000 perusahaan dari berbagai negara berpartisipasi dalam proses penjurian yang ketat untuk dapat dinominasikan sebagai calon pemenang penghargaan. Penjurian dilakukan secara independen oleh agensi riset eksternal yang menganalisis data teknikal dan fundamental mengenai kiprah para partisipan dari sumber-sumber publik serta presentasi yang dilakukan secara daring (online).
Berdasarkan penilaian tersebut, BTN dianggap berhasil mengembangkan citra merk (brand image) sebagai bank yang memimpin pasar kredit kepemilikan rumah (KPR) dan juga pendanaan atau saving bank dengan dilandasi oleh transformasi berkelanjutan. Dengan pangsa pasar KPR nasional sebesar 40,8% dan KPR Subsidi 82,2% pada tahun 2024, BTN dinilai memainkan peran kunci dalam pengembangan ekosistem perumahan nasional, terutama dengan menggerakkan sisi penawaran dan permintaan (supply and demand).
“BTN telah terbukti menjadi key enabler dalam mengurangi backlog perumahan nasional, serta mendukung upaya pemerintahan Presiden Prabowo Subianto melalui penyediaan akses kepada pembiayaan KPR Subsidi untuk kepemilikan perumahan layak dan terjangkau terutama di kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” tutur Nixon.
Tidak hanya itu, BTN dinilai sukses dalam mengembangkan solusi inovatif berupa ekosistem KPR digital melalui Super App bernama Bale by BTN. Nixon mengatakan, BTN telah bertransformasi menjadi penyedia One Stop Digital Housing Services, yang menyediakan solusi untuk berbagai kebutuhan di sektor properti melalui bantuan platform digital yang terintegrasi hanya melalui satu aplikasi saja.
Dari sisi brand excellence, transformasi digital ini meningkatkan value proposition BTN di seluruh rantai pasok perumahan nasional karena menawarkan nilai tambah dan pengalaman yang berbeda bagi nasabah dengan kehadiran yang kuat, dikenal, dan dipercaya di pasar.
“Tujuan strategis BTN dalam transformasi digitalnya adalah menawarkan solusi yang komprehensif atau end-to-end secara seamless bagi semua pihak di sektor perumahan, termasuk di antaranya pengembang dan nasabah. Inovasi kami melalui Bale by BTN telah diakui sebagai solusi yang unik dan berbeda dari para pemain lainnya, terbukti dari layanan pengajuan KPR secara online melalui aplikasi yang telah mencapai satu juta lebih hingga kini,” tutur Nixon.