Waini toko dan resto itu panen raya. Ribuan turis telah didatangkan TikTok. Tiap hari. Siang malam. Ribuan turis itu jadi konsumen besar.
Tidak ada tempat parkir umum di situ. Turis harus turun dari bus untuk menyeberang jalan –mencari posisi agar bisa melihat kereta masuk apartemen.
Setelah menurunkan turis bus harus pergi. Nanti, kalau mau meninggalkan tempat itu, turis harus berkumpul dulu di trotoar lebar depan toko-resto.
Kalau rombongan sudah lengkap, baru bus boleh dipanggil. Perlu waktu tunggu bus sekitar 15 menit. Waktu tunggu itulah yang mereka manfaatkan untuk cari makanan kecil, minum dan beli oleh-oleh. Rezeki TikTok.
Kalau toh ide Anda itu ditentang mungkin karena satu hal: suara berisiknya KRL di Jakarta. Yang di Chongqing tidak menimbulkan suara berisik. Bukan KRL. Ia monorail. Rodanya bukan besi. Rodanya karet. Relnya juga bukan besi. Relnya beton.
Sedang yang di Jakarta sudah telanjur KRL. Mungkin para ahli sipil bisa mengatasinya. Setidaknya mengurangi.
Yang jelas, kenyataan di Chongqing itu sudah menghilangkan satu alasan penolakan yang lebih besar: soal keamanan. Padahal soal aman atau tidak para insinyur sipil pasti tahu cara mengatasinya.
Dengan adanya objek turis di Chongqing yang mempersoalkan keamanan pasti hilang. Bukan berarti tidak ada alasan lain untuk menentang ide Anda itu. Terlalu banyak alasan yang bisa dibuat. Kalau perlu dibuat-buat. Masalahnya tinggal satu: mau atau tidak mau.
Fisik saya memang di Chongqing Sabtu lalu. Tapi pikiran saya di Jakarta. Terutama bagaimana cara menguatkan jumlah kelas menengah di negara kita. (Dahlan Iskan)