IKNPOS.ID – Sebagai upaya untuk memperluas akses pasar bagi nasabah yang memiliki usaha di bidang makanan dan minuman, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menghadirkan program Cicip-Cicip Produk Usaha Nasabah (Cici Rosa) edisi Ramadhan.
Program Cici Rosa dilaksanakan di 58 cabang PNM yang tersebar di seluruh Indonesia dan melibatkan nasabah unggulan terpilih.
Program ini memberikan kesempatan bagi nasabah PNM Mekaar untuk mempromosikan serta menjual produk makanan dan minuman mereka di lingkungan yang lebih luas.
Menurut Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi, program tersebut sejalan dengan misi PNM dalam memberdayakan perempuan pelaku usaha ultra mikro yang menyesuaikan momentum Ramadhan.
“Tren mencari takjil kami hadirkan di 58 cabang PNM di seluruh Indonesia. Konsepnya agar terjadi ekosistem jual beli yang lebih ramai karena ada berbagai varian makanan di satu tempat seperti mini bazar takjil lah,” kata Arief, Kamis, 13 Maret 2025.
Dengan adanya program itu, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, dan memperluas jaringan bisnis mereka selama bulan Ramadan yang identik dengan peningkatan konsumsi makanan dan minuman.
Arief menjelaskan, hadirnya program tersebut dapat mendorong omzet nasabah binaannya yang biasanya hanya berjualan di satu lokasi, yang belum tentu ramai pembeli.
“Kalau ada bazar atensi orang untuk beli lebih tinggi karena masyarakat punya opsi lihat-lihat dan pilih-pilih. Tentu akan jadi pengalaman yang berharga dan pendapatan lebih meningkat untuk membuat varian produk lain yang relevan,” ujarnya.
Salah satu nasabah yang turut berpartisipasi dalam program itu, yakni Rita Novita, pemilik usaha aneka kue dan es cendol dari Banda Aceh mengaku bersyukur adanya program tersebut.
“Senang sekali biasanya saya hanya berjualan di sekitar rumah dari sore, tetapi sekarang dalam satu jam bisa ludes dagangan saya. Untungnya lumayan naik hampir dua kali lipat,” ujar Rita.