IKNPOS.ID – Presiden Prabowo Subianto menjadi tokoh terpopuler di media sosial (medsos) sepanjang 2024.
Ini berdasarkan riset yang dilakukan Indonesia Indicator (I2). Prabowo Subianto menempati posisi pertama sebagai tokoh terpopuler 2024 dengan 541.668.056 tanggapan di berbagai platform media sosial.
“Prabowo Subianto memiliki daya tarik bagi warga net (netizen) di lima platform media sosial (Instagram, Twitter (X), Facebook, TikTok, Youtube) dengan karakter yang berbeda satu dengan lainnya. Di platform X (dulunya disebut sebagai Twitter), Prabowo mendapat jumlah postingan tertinggi, dengan sentimen negatif sebesar 38 persen,” ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang di Jakarta, Selasa, 31 Desember 2024.
Tanggapan tertinggi justru berasal dari platform TikTok. Sentimen negatifnya hanya sebesar 15 persen saja.
Hal itu terjadi karena netizen lebih merespons pribadi Prabowo yang tangguh, menarik, mandiri, dan terkesan dizalimi. Terutama saat pilpres 2024 lalu.
Apresiasi dan dukungan besar pada Prabowo juga diwujudkan melalui postingan di Instagram, yang banyak diunggah oleh influencer besar Indonesia. Seperti Raffi Ahmad/ Nagita, dan memberikan tanggapan yang positif.
Konten dengan emosi ”joy” seperti berbagai momen viral “Dance Gemoy” atau karakter Si Gemoy berhasil mencuri perhatian publik dan meningkatkan keterlibatan positif.
Riset dengan menggunakan sistem Intelligence Socio Analytic (ISA) itu juga mencatat Gibran Rakabuming menempati urutan kedua dengan 239.333.797 tanggapan.
Figur Gibran banyak mencuri perhatian, terutama pada saat masa kampanye, kedekatan dengan Prabowo, dan isu saat debat cawapres yang sempat kontroversial.
“Secara jumlah unggahan di media sosial, Gibran banyak dibincangkan di plaftorm X, dengan sentimen negatif sekitar 39 persen,” papar Rustika.
Meski begitu, postingan dengan unggahan negatif di platform X tersebut tidak banyak mendapat banyak tanggapan netizen, jika dibandingkan dengan postingan di platform TikTok dan Instagram.