IKNPOS.ID – Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, bekerja sama dengan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, tengah bersiap membangun Madrasah Terpadu di wilayah IKN.
Lembaga pendidikan Islam ini dirancang sebagai satu kompleks pendidikan yang mengintegrasikan jenjang Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), hingga Madrasah Aliyah (MA) dengan fasilitas lengkap dan modern.
Menurut Muchamad Sidik Sisdiyanto, Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama, proses perizinan awal akan menggunakan afiliasi dengan madrasah-madrasah terdekat seperti RA Perwanida di Provinsi Kalimantan Timur, serta beberapa MTsN dan MAN yang berada di sekitar lokasi pembangunan.
Madrasah Terpadu ini diharapkan mulai beroperasi penuh pada 2026, dengan proyeksi pertumbuhan kapasitas maksimal tercapai pada 2032.
“Pembangunan Madrasah Terpadu di IKN ini bertujuan untuk memberikan akses pendidikan yang lebih mudah bagi masyarakat di IKN dan sekitarnya,” kata Sidik dalam keterangan tertulis, MInggu 6 Oktober 2024.
Konsep Inovatif dan Fasilitas Modern
Madrasah Terpadu di IKN mengusung konsep inovatif, dengan menyatukan semua jenjang pendidikan Islam dalam satu kompleks.
Fasilitasnya tidak hanya mencakup ruang belajar, tetapi juga dilengkapi dengan masjid terpadu yang menyatukan fungsi ibadah dan pendidikan.
Selain itu, terdapat juga sarana olahraga modern yang dirancang untuk menunjang berbagai kegiatan fisik siswa, menciptakan lingkungan belajar yang holistik.
Dengan kapasitas kelas yang terukur, Madrasah Terpadu ini dirancang untuk menampung 15 siswa per rombongan belajar (rombel) di jenjang RA, 28 siswa per rombel di jenjang MI, dan 24 siswa per rombel untuk jenjang MTs dan MA. Total kapasitas di semua jenjang diproyeksikan mencapai 1.626 siswa pada tahun 2032.
Dampak Pendidikan Islam yang Signifikan
Pembangunan Madrasah Terpadu di IKN diharapkan dapat memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.
Tidak hanya fokus pada aspek intelektual, madrasah ini juga diharapkan dapat membentuk siswa dengan karakter Islami yang kuat, serta menjadi model pengembangan pendidikan Islam di masa depan.
“Pembangunan ini merupakan langkah besar dalam mendukung visi pendidikan berkelanjutan di IKN, yang tidak hanya mencetak generasi cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat secara spiritual dan fisik,” jelas Sidik.
Dengan visi besar ini, Madrasah Terpadu di IKN Nusantara menjadi salah satu upaya strategis pemerintah dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas tinggi dan berkesinambungan, sekaligus mendukung pengembangan IKN sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia.