IKNPOS.ID – Penjualan kendaraan Toyota di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Bali meningkat dibandingkan dengan beberapa wilayah lainnya di Indonesia. Hal itu diungkapkan Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
“Semua wilayah itu kan, semua provinsi turun, kecuali dua wilayah tertentu. Satu adalah Kalimantan Timur, satu lagi Bali,” kata Anton di Semarang, Jawa Timur, Senin 26 Agustus 2024.
Peningkatan penjualan ini dikarenakan terdapat beberapa faktor yang diyakini oleh PT TAM, di antaranya adalah mobilitas di wilayah tersebut sedang ramai karena banyak pembangunan yang sedang dilakukan.
“Jadi Kaltim mungkin saya rasa karena konstruksi IKN itu memberikan banyak investasi buat lokal,” ujar dia.
Mobilitas untuk menyuplai bahan-bahan pokok ke kawasan tersebut juga menjadi pemicu meningkatnya penjualan kendaraan Toyota di Pulau Kalimantan dan wilayah sekitarnya.
Menurut dia, berbagai kendala yang dimiliki oleh Kalimantan tidak hanya terlepas dari kebutuhan pokok, bahan material lain yang harus didatangkan dari wilayah tetangga juga menjadi faktor penting dalam peningkatan penjualan kendaraan di wilayah tersebut.
“Jadi daerah Palu itu, ternyata menjadi salah satu wilayah yang mengisi misalnya bahan material, bahan makanan. Jadi mereka impor paling dekat ternyata dari daerah Palu. Jadi daerah sekitar dari IKN itu juga mengalami pertumbuhan untuk market-nya,” ucap dia.
Untuk Bali, Anton mengatakan kawasan yang terkenal dengan destinasi wisata itu memberikan kontribusi yang cukup baik bagi penjualan kendaraan Toyota di tanah air. “Jadi Bali masih cukup naik,” tutur dia.