IKNPOS.ID – Pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) terkendala oleh curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Meski demikian, pemerintah tetap berupaya keras agar bandara yang sudah diberi nama Nusantara Airport itu bisa dioperasikan secara fungsional pada 17 Agustus mendatang.
Untuk mengejar tenggat waktu pembangunan, Kementerian Perhubungan mengerahkan 4 pesawat untuk melakukan modifikasi cuaca. “Sekarang ini kami sudah mengerahkan empat pesawat untuk TNI untuk pengkondisian udara tetapi masih hujan sehingga kami tetap berusaha untuk sesuai dengan rencana,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu 21 Juli 2024.
Berikut foto-foto progres pembangunan Bandara VVIP IKN dari berbagai sumber. Mulai dari apron, taxiway, control tower, airport terminal, dan fasilitas lainnya.
Runway
Bandara VVIP IKN memiliki runway sepanjang 3000 meter x 45 meter. Pengerjaan pengaspalan ditangani oleh Brantas Abipraya yang menargetkan pembangunan runway teraspal sepanjang 2.200 meter sebelum tanggal 17 agustus 2024.
Airport Terminal
Konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan namun tetap modern, serta berorientasi alam dan ramah lingkungan.
Taxiway
Taxiway adalah landasan penghubung antara landasan pacu dengan pelataran pesawat, kandang pesawat, terminal atau fasilitas lainnya di bandar Udara.
Control Tower
Bandara VVIP IKN juga dilengkapi dengan menara pengawas (control tower) atau lebih khusus sebagai Air Traffic Control Tower (ATCT), yang bertanggung jawab untuk pergerakan sekeliling bandara.
Fasilitas lain