Laporan TechCrunch menyebut, trafik pencarian global turun hingga 15 persen secara tahunan pada Juni 2025. Bahkan, pencarian berita tanpa klik meningkat drastis: dari 56 persen pada Mei 2024 menjadi 69 persen pada Mei 2025.
Tak heran, lalu lintas organik media digital anjlok dari puncaknya 2,3 miliar kunjungan menjadi hanya 1,7 miliar.
Untuk meredam dampak ini, Google memperkenalkan fitur bernama Offerwall. Lewat fitur ini, penerbit bisa tetap menghasilkan pendapatan meski trafik menurun.
Dengan integrasi ke Google Ad Manager, penerbit kini bisa menawarkan akses konten melalui berbagai opsi seperti pembayaran mikro, survei, langganan newsletter, hingga menonton iklan.
Google, berita AI, ringkasan berita otomatis, Discover Google, fitur baru Google, kecerdasan buatan, Google iOS Android, ringkasan berita AI, AI dalam media, trafik media turun, AI Google menyaingi media, Google vs penerbit berita, Offerwall Google, Google Ad Manager, AI Overviews, AI Mode, TechCrunch, berita gaya hidup